The Depth of Unknowing

Or, How to (Un)Know God according to Pseudo-Dionysius and Raimon Panikkar

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.46567/ijt.v2i2.70

Kata Kunci:

Pseudo-Dionysius, agnōsia, Raimon Panikkar, apofatik, katafatik, teologi mistik, pengalaman akan Allah

Abstrak

Apa relevansi tulisan-tulisan abad keenam yang diatributkan kepada Dionysius dari Areopagus atau Dionysius-gadungan bagi Kristianitas abad ke dua puluh satu? Artikel ini adalah sebuah selisik tentang ketak-terpermanai-an Allah di dalam kumpulan tulisan Dionysiusgadungan. Sebagai seorang pemikir yang hidup di masa ketika perdebatan sekitar doktrin-doktrin utama telah usai, Dionysius gadungan tampak telah secara kreatif memakai konsep-konsep dan frasa-frasa yang berbeda dari para pemikir terkemuka sebelum dia. Bagi Dionysius-gadungan, untuk mengenal Allah, seseorang harus “tidak-mengetahui” (agnōsia) Allah, sebab Allah bukanlah objek pengetahuan manusia—Allah melampaui ada. Dengan demikian, berpikir Allah sebagai ada atau berada merupakan sebuah pemberhalaan, sebab Allah adalah Yang tak tertangkap oleh kata-kata maupun konsep-konsep manusia. Untuk menimbang teologi apofatik Dionysius-gadungan, saya akan memakai pemikiran Raimon Panikkar yang gigih melawan “monoteisme-kaku” Barat. Akhirnya, saya akan menunjukkan implikasi doktrin ke-tak-terpermanai-an Allah pada perdebatan modern tentang eksistensi Allah dan tentang ateisme.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nindyo Sasongko, Seattle University, School of Theology and Ministry

Nindyo Sasongko adalah seorang pendeta Mennonite dengan penugasan khusus dari Gereja Kristen Muria Indonesia Kudus (GKMI Kudus) untuk menempuh studi magister dalam bidang transforming spirituality di Seattle University's School of Theology and Ministry, Seattle, Washington, USA.

Referensi

Aquinas, Thomas. In Librum Beati Dionysii: De Divinis Nominibus. Ed., Ceslai Pera, O.P. Taurini: Marietti, 1950.

Arthur, Rosemary A. Pseudo Dionysius as Polemicist: The Development and Purpose of the Angelic Hierarchy in Sixth Century Syria. Farnham: Ashgate, 2008.

Chadwick, Henry. The Early Church. Revised edition. London: Penguin, 1993.

De Mello, Anthony. Writings. Ed., William Dych, S.J. Maryknoll, NY: Orbis, 2000.

Evans, G. R. Fifty Key Medieval Thinkers. New York: Routledge, 2002.

Froehlich, Karlfried. “Pseudo -Dionysius and the Reformation of the Sixteenth Century.” In Pseudo-Dionysius: A Complete Work, 33–46. Trans., Colm Luibheid. New York: Paulist, 1987.

Gregory of Nyssa. The Life of Moses. Eds., A. J. Malherbe and E. Ferguson. New York: Paulist, 1978.

Layton, Bentley, ed. The Gnostic Scriptures. Garden City, NY: Doubleday, 1987.

Lossky, Vladimir. The Mystical Theology of the Eastern Church. Crestwood: St. Vladimir’s Seminary Press, 1976.

Louth, Andrew. Denys the Areopagite. Wilton: Morehouse-Barlow, 1989.

_______. The Origins of the Christian Mystical Tradition: From Plato to Denys. New York: Oxford University Press, 2007.

McCulloh, Diarmaid. Silence: A Christian History. New York: Viking, 2013.

McEvoy, James, ed. Mystical Theology: The Glosses by Thomas Gallus and the Commentary of Robert Grosseteste on De Mystica Theologia. Paris: Peeters, 2008.

McGinn, Bernard. Foundation of Mysticism. New York: Crossroads, 1992.

McGinn, Bernard, and Patricia F. McGinn. Early Christian Mystics: The Divine Vision of the spiritual Masters. New York: Crossroads, 2003.

Origen. Contra Celsum. Trans., H. Chadwick. Cambridge: Cambridge University Press, 1953.

Panikkar, Raimon. Invisible Harmony: Essays in Contemplation and Responsibility. Minneapolis, MN: Fortress, 1995.

_______. The Experience of God: Icons of the Mystery. Minneapolis, MN: Fortress, 2006.

_______. The Rhythm of Being: The Gifford Lecture. Maryknoll, NY: Orbis, 2010.

Pelikan, Jaroslav. The Emergence of Catholic Tradition (100-600). Chicago: University of Chicago Press, 1975.

_______. “The Odyssey of Dionysian Spirituality.” In Pseudo-Dionysius: A Complete Work. Trans., Colm Luibheid, 11–24. New York: Paulist, 1987.

Raschko, Michael B. To Hunger for God: A Christian Understanding of Human Nature. New London: Twenty-Third, 2010. Kindle edition.

Sheldrake, Philip. History and Spirituality. Maryknoll, NY: Orbis, 1995.

Tillich, Paul. A History of Christian Thought: From Its Judaic and Hellenistic Origins to Existentialism. Ed., Carl E. Braaten. New York: Simon and Schushter, 1968.

_______. The Courage to Be. New Haven: Yale University Press, 2000.

Von Balthasar, Hans Urs. The Glory of the Lord: A Theological Aesthetics. San Francisco, CA: Ignatius, 1984.

Williams, Janet P. “Pseudo-Dionysius and Maximus of Confessor.” In The First Christian Theologians: An Introduction to Theology in the Early Church. Ed., G. R. Evans, 186–200. Malden: Blackwell, 2004.

Diterbitkan

2014-12-30 — Diperbaharui pada 2014-12-30

Cara Mengutip

Sasongko, N. (2014). The Depth of Unknowing: Or, How to (Un)Know God according to Pseudo-Dionysius and Raimon Panikkar. Indonesian Journal of Theology, 2(2), 100-118. https://doi.org/10.46567/ijt.v2i2.70